Pilot Saja Masih Nganggur, Apalagi Cuma Lulusan SMA
Loading...
Pilot Saja Masih Nganggur, Apalagi Cuma Lulusan SMA
Tingginya angka penganguran ternyata tidak hanya pada lulusan sarjana dan SMK sederajat saja, tapi juga lulusan profesional seperti pilot. Saat ini tercatat ada sekitar 1000-an pilot menjadi pengangguran.
Besarnya jumlah pilot yang masih berstatus pengangguran disampaikan oleh Ikatan Pilot Indonesia (IPI). "Pilot nganggur itu lulusan sekolah pilot yang masih belum kerja. Di Indonesia, ada 26 sekolah pilot dan kurang-lebih ada 1.000 orang belum kerja," kata IPI Capt Rama Noy.
Bukan hanya soal pengangguran, kata Rama, masih ada lagi sejumlah masalah yang dihadapi pilot Indonesia. Misalnya, sistem kontrak dan banyaknya pilot asing.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membenarkan masih banyaknya lulusan pilot yang menganggur. Jumlah pilot yang belum mendapat pekerjaan kurang lebih 1.200 pilot.
"Saya memikirkan bahwa harus diberikan suatu cara yang memang profesional, jangan bikin sekolah sembarangan. Sekolahnya akan kita kurangi, jumlahnya akan kita batasi," kata Budi.
Untuk memfasilitasi 1.200 pilot yang belum mendapatkan pekerjaan, Budi mengaku akan melakukan seleksi ketat, sehingga bisa diserap oleh industri penerbangan di Indonesia.
Dalam proses pemberdayaan pilot ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan bekerja sama dengan para pengelola maskapai di Indonesia. Sehingga, diharapkan juga bisa mengurangi penggunaan pilot asing di Indonesia.
"Tahap pertama akan ambil 300-400 pilot. Dari situ dididik, tidak tahu nanti apakah satu bulan apakah dua bulan. Setelah dididik kita lihat lagi yang 100 terbaik harus segera diterima di maskapai," ujar Budi.
Banyak pilot yang menganggur ikut menjadi perhatian warga dunia maya.
"Nganggur karena pendidikan rendah, okelah kita mafhum. Tapi bila Pilot nganggur, dan itu ribuan .... apa kata dunia?" cuit akun @ adibssiraj.
"Masa sih? kayaknya kebanyakan pilot asing yg kerja di Indonesia jadi wni nya sendiri gak kebagian jatah. Beberapa kali naik maskapai swasta, pilotnya pasti wna," heran akun @ arni9889.
"Ini karena pengguna pesawat berkurang karena banyak penumpang yang beralih ke transportasi onlen," sindir akun @wiratamax.
"Ini karena adanya transportasi online? Atau ekonomi kita meroket? Wkwkwkw," timpal akun @poetry85
"Beberapa tahun lalu bilangnya indonesia butuh 600 pilot pertahun.... cuma akal²an biar sekolah pilot laku... moratorium aja sudah..." protes akun @den.danske.
"Sekolahnya sih memang cepet... cuma bayarnya muahal banget.... klo demandnya rendah bisa2 ngerusak pasatan gaji pilot yg ada sekarang..." cuit akun @nasionalis.logis.
Akun @zedraalify mengaku punya solusi untuk mengatasi banyaknya lulusan pilot yang menganggur. "Eksport pilot aja,setuju. Jangan cuma PRT," katanya.
"Kirim ke luar negeri aja pak , biar indonesia dikenal tidak hanya tkw dan tki aja, tapi ada tenaga profesional," sambung akun @ budihardjo.java.
"Alih profesi jadi pilot becak aja banyak becak nganggur," canda akun @LOOPCELLULER.
"Udah waktunya dibuka ojek pilot onlen," sindir akun @@Hiraka_ Silke.
"Sekolah mahal ..... nganggur, mending lulusan biasa2 aja jd sekurity di BI, Pertamina gajinya sama dengan PNSgol IV..." ujar akun @ mrs_manyun.
"Menhub sebaiknya menetapkan kebijakan untuk maskapai di Indonesia agar mengutamakan/ memprioritaskan merekrut pilot-2 dlm negeri. Jika ada maskapai yg ngeyel diberi sanksi tegas contohnya spt susi air yg gudangnya pilot bule, menhub hrs berani kasih sanksi tegas pd boss besarnya," usul akun @wahyu_mukti.
Sementara itu, Kementerian Perhubungan berencana akan membatasi sekolah pilot. Kemenhub juga menyatakan akan mengendalikan tingkat kelulusan sekolah pilot yang ada saat ini.
"Sekolah pilot swasta itu ada 21, satu telah ditutup karena tidak ada perform," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Udara Kemenhub.
Agus juga memaparkan setiap sekolah pilot mampu meluluskan 50 pilot dalam setahun dan total lulusan menjadi 1000 pilot per tahun, Hal tersebut membuat para pilot menganggur tidak mendapatkan jaminan pekerjaan.
"Nanti kami juga berencana akan mensyaratkan setiap sekolah yang menerima siswa harus punya kontrak dulu dengan maskapai penerbangan sehingga ketika lulus dapat langsung bekerja," kata Agus.
Kemenhub juga tidak akan memberikan izin sekolah pilot baru untuk beroperasi, melainkan akan memaksimalkan 20 sekolah pilot yang sudah ada serta melakukan evaluasi terhadap sekolah pilot yang ada. [rmol]
loading...
loading...